Dinding komposit prefabrikasi dengan insulasi termal – artikel di Builder – Betard

Penulis:

Mateusz Moczko
Michał Lisewski

Dinding komposit Betard saat ini merupakan salah satu prefabrikasi yang paling sering dipilih yang digunakan dalam konstruksi perumahan. Dinding yang terbuat dari dua papan kerawang memenuhi fungsi bekisting permanen. Oleh karena itu bekisting dibuat seminimal mungkin.

Ruang antara pelat diisi dengan campuran beton di lokasi konstruksi. Berat dinding komposit rendah (sekitar 300-350 kg / m²), yang memungkinkan pemasangan dengan derek dengan kapasitas angkat rendah. Penggunaan teknologi dinding ganda memungkinkan untuk secara signifikan mempercepat ereksi struktur dan mempertahankan estetika kinerja tertinggi, yang menjadi aspek yang semakin penting, terutama dalam konstruksi perumahan. Permukaan di kedua sisi dinding
halus dari bentuk, tanpa perlu menggosok kedua sisi.

Dalam proses merancang bangunan tempat tinggal modern, beton adalah bahan arsitektur yang semakin dihargai, diekspos secara sadar, tidak dikenakan plesteran dan finishing tambahan. Seiring dengan perkembangan teknologi elemen prefabrikasi dinding, perusahaan Betard memperkenalkan solusi baru yang sangat menarik dari sudut pandang arsitektur dan fungsional – dinding komposit berinsulasi. Mereka memungkinkan minimalisasi isolasi termal dan pekerjaan finishing di lokasi konstruksi. Berkat lokasi lapisan insulasi di dalam elemen prefabrikasi, dinding masih dicirikan oleh permukaan estetika yang halus di kedua sisinya. Ini adalah keuntungan signifikan dibandingkan dinding sandwich prefabrikasi dengan hanya satu sisi halus dan sisi melayang.

Isolasi termal berupa papan PIR dipasang pada tahap produksi antara papan kerawang (isolasi menempel pada sisi dalam lapisan fasad dinding). Bukan kebetulan bahwa panel PIR digunakan sebagai insulasi termal, karena dicirikan oleh sifat mekanik yang tinggi, ketahanan terhadap api, kelembaban, jamur dan bakteri, dan koefisien konduktivitas termal yang sangat rendah, sebesar 0,020–0,022 W / (m · K). Saat mengisolasi dinding dari dalam, seseorang harus memperhitungkan risiko kondensasi uap air di dalam elemen prefabrikasi.

Dinding komposit berinsulasi diproduksi di pabrik Betard.

Kondensasi gas di dalam partisi tidak menimbulkan ancaman bagi struktur, asalkan elemen-elemennya dilindungi dari korosi. Untuk memastikan perlindungan tersebut, papan filigree dengan lapisan insulasi termal digabungkan dengan jangkar Schöck Isolink®, yang terbuat dari bahan komposit tahan lembab. Jangkar Schöck Isolink®, karena nilai konduktivitas termalnya yang sangat rendah yaitu = 0,7 W / m · K, adalah solusi ideal untuk produksi dinding komposit berinsulasi prafabrikasi. Karena konduktivitas termal 20 kali lebih rendah dibandingkan dengan baja tahan karat dan hampir sembilan puluh kali lebih rendah dari baja karbon, jangkar Schöck Isolink® adalah pilihan yang sangat baik untuk jangkar dan konektor baja yang digunakan secara tradisional (gambar di bawah menunjukkan distribusi suhu di dinding dengan Jangkar Schöck Isolink® dan jangkar terbuat dari stainless dan baja karbon).

Distribusi suhu di dinding dengan angkur Schöck Isolink® dan angkur stainless dan baja karbon.

Karena fakta bahwa pengencang menembus insulasi termal dan merupakan jembatan termal titik, pengaruhnya pada koefisien perpindahan panas akhir dinding harus diperhitungkan dengan menerapkan koreksi karena pengencang mekanis UF. Karena nilai koefisien perpindahan panas yang disebutkan di atas, dampak jangkar komposit Schöck Isolink® pada nilai akhir koefisien perpindahan panas Ueff, bahkan dengan insulasi termal yang tebal, itu dapat diabaikan, yang berarti bahwa ketebalan dinding komposit dapat dipilih dengan cara yang sangat ekonomis, memberikan kemungkinan untuk meningkatkan area bangunan yang dapat digunakan. Dalam kasus dinding komposit tipikal, penggunaan 5 jangkar Schöck Isolink® per 1m² diperlukan, yang menjamin kekuatan dan kekakuan perakitan yang memadai serta sambungan yang tepat dari lapisan pracetak. Bergantung pada sistem statis, serta kebutuhan pelanggan individu, perusahaan Betard menawarkan dinding komposit berinsulasi dengan ketebalan 35-42 cm.
Dinding contoh dengan ketebalan 36 cm terdiri dari (lihat gambar di bawah):
– pelat kerawang di lapisan konstruksi, setebal 7 cm, (1)
– lapisan beton monolitik setebal 10 cm ditempatkan di lokasi, (2)
– Konektor Schöck Isolink®, (3)
– Plat PIR, tebal 12 cm, (4)
– papan cladding kerawang, tebal 7 cm. (5)
Nilai yang dihitung dari koefisien konduktivitas termal U0 di dinding atas kira-kira 0,17 W / (m² · K). Partisi yang dirancang dengan cara ini memenuhi Persyaratan Teknis saat ini yang berlaku mulai awal 2021 [U0=0,20 W/(m²·K)].

Model 3D dari dinding komposit berinsulasi.

Kerja sama desain antara Betard dan Schöck menghasilkan pengembangan solusi efektif untuk semua sambungan penting elemen prafabrikasi dinding dan langit-langit, memastikan parameter termal yang sesuai untuk seluruh struktur bangunan. Sebagai contoh, Gambar 4 menunjukkan bagian vertikal di mana dua dinding komposit prefabrikasi terhubung ke lantai kerawang.

Rincian sambungan dua dinding komposit prefabrikasi dengan langit-langit kerawang: 1. Pelat fasad prefabrikasi; 2. Isolasi termal; 3. Campuran beton yang ditempatkan di lokasi konstruksi; 4. Pelat pendukung prefabrikasi; 5. Schöck Isolink® Tipe C-ED; 6. Schöck Isolink® Tipe C-EH; 7. Lapisan finishing lantai; 8. Plafon beton bertulang; 9. Bahan penyegel / pita ekspansi; 10. rol buta; 11. Jendela; 12. Kusen pintu

Pertimbangan desain didukung oleh pelaksanaan uji dinding komposit dalam skala 1: 1, yang menegaskan kemudahan pemasangan angkur Schöck Isolink®, tetapi di atas semua itu kekakuan dan kapasitas dukung beban dari seluruh elemen dinding prefabrikasi. Teori yang diterapkan dalam praktik telah berkontribusi pada implementasi banyak proyek menarik dengan penggunaan dinding prefabrikasi Betard.

* Selama lebih dari 30 tahun kami telah mengkhususkan diri dalam produksi elemen prefabrikasi untuk industri konstruksi: dari perumahan, melalui utilitas publik dan fasilitas industri, hingga elemen kompleks teknik, jalan, jembatan, dan struktur hidroteknik. Tujuan kami adalah untuk menghasilkan bahan konstruksi beton kualitas tertinggi, termasuk prefabrikasi atipikal, dibuat berdasarkan pesanan khusus untuk perusahaan dan untuk penerima individu, terlepas dari jenis dan ukuran investasi mereka.

Author: Lynn Ryan