Elemen beton bertulang prefabrikasi dengan peningkatan kualitas permukaan – artikel di Bahan Bangunan – Betard

Penulis:

MSc. ukasz Kwiatkowski
Ind. Daria Ilkiewicz

pengantar

Kualitas permukaan elemen beton yang sangat baik sama pentingnya dengan parameter kekuatannya. Hal ini terkait dengan aspek estetika dan daya tahan beton yang dapat berkurang secara signifikan dengan terlalu banyak pori-pori. Elemen prefabrikasi ukuran besar dengan permukaan dalam kualitas beton arsitektur digunakan dalam konstruksi perumahan dan kantor dalam bentuk dinding, langit-langit, tangga dan dalam konstruksi utilitas publik, misalnya sebagai balok dekoratif di gereja dengan fungsi struktural dan estetika.

Elemen prefabrikasi ukuran besar dengan permukaan beton estetis yang digunakan di Concordia Hub di Wrocław

Lihat implementasinya: Concordia Hub – Betar

Kondisi desain untuk elemen beton arsitektural

Di Polandia, tidak ada peraturan yang jelas yang mengatur proses perancangan dan pembuatan elemen beton dari beton arsitektural. Namun, studi tentang unsur-unsur tersebut sangat membantu, misalnya buku oleh Krzysztof Kuniczuk “Beton Arsitektur – Pedoman Teknis” yang diterbitkan oleh Asosiasi Produsen Semen. Saat merancang elemen beton arsitektur, perlu untuk mempertimbangkan persyaratan khusus untuk beton – komposisinya, metode perawatan dan permukaan akhir. Bekisting yang akan dipetakan ke permukaan beton juga penting. Perancang harus memilih kategori beton arsitektur (dengan persyaratan kecil, sedang atau besar – tabel) dan menentukan parameter mengenai porositas, keseragaman warna dan kategori bekisting, serta menentukan biaya pelaksanaan. Dalam hal elemen fasad yang terkena kondisi cuaca, sangat penting untuk menentukan kelas paparan akibat pembekuan / pencairan menurut PN-EN 206-1.

Persyaratan BA1 rendah Permukaan beton dengan persyaratan penampilan rendah, misalnya dinding basement, dinding parkir bawah tanah, dll.
Persyaratan BA2 sedang Permukaan beton dengan persyaratan penampilan yang khas, misalnya dinding tangga.
Persyaratan tinggi BA3 Permukaan beton dengan persyaratan penampilan yang tinggi, misalnya fasad, elemen bangunan yang representatif.
Kategori beton arsitektur yang dibentuk sebelum konstruksi

Saat merancang struktur yang terbuat dari beton arsitektural, penting untuk menentukan dengan benar ketebalan penutup minimum sesuai dengan standar PN-EN 1992-1-1, yang tergantung, antara lain, pada pada kelas konstruksi, eksposur dan tahan api. Penutup beton nominal:

Cnama = Cmin + Cdev

di mana:
Cdev – penyimpangan penutup; nilai yang direkomendasikan – 10 mm.
Cakupan minimum Cmin harus menyediakan:
● transfer kekuatan adhesi yang aman;
● perlindungan baja terhadap korosi (daya tahan);
● ketahanan api yang sesuai.

Perawatan permukaan beton harus diperhitungkan, sehingga ketebalan penutup yang dibutuhkan dipertahankan di semua titik, yang akan mencegah korosi baja dan noda karat.
Untuk memastikan kualitas yang sangat baik dari elemen prefabrikasi, perlu untuk menjaga kualitas produksinya, transportasi yang aman dan perakitan yang tepat di lokasi konstruksi. Anda perlu memberikan cara untuk melindungi permukaan beton, yang tidak memerlukan perawatan lebih lanjut, terhadap kotoran, mis. saat mengecat langit-langit atau mengecat permukaan yang berdekatan. Setiap perbaikan meninggalkan bekas yang terlihat di permukaan elemen.
Persyaratan untuk kualitas permukaan yang sempurna dari elemen beton pracetak memerlukan pelaksanaan elemen percobaan, yang memungkinkan penilaian kualitas dan pemilihan teknologi.
Juga sangat penting bagi orang yang bertanggung jawab atas kualitas produk yang diproduksi untuk mengembangkan instruksi produk prefabrikasi, yang mencakup pekerjaan mulai dari persiapan bekisting, pemilihan resep campuran beton yang sesuai, hingga penentuan metode perawatan permukaan. setelah beton.

Kualitas elemen prefabrikasi.

Garis teknologi modern dan pengalaman bertahun-tahun Betard memungkinkan pelaksanaan bahkan proyek yang paling kompleks, dan orang-orang yang mengawasi produksi elemen prefabrikasi memiliki kemungkinan lebih besar untuk mengontrol kualitas daripada dalam kasus beton monolitik. Di pabrik, Anda juga dapat mencapai akurasi dimensi dan keseragaman permukaan yang lebih besar. Dalam hal pembetonan di lokasi konstruksi, kualitas elemen dapat dipengaruhi oleh kondisi cuaca yang tidak menguntungkan.
Beton sering dipilih oleh para arsitek karena bentuknya yang mudah. Campuran beton yang dirancang dengan baik memungkinkan Anda mereproduksi setiap detail bekisting secara akurat. Oleh karena itu, produksi sering menggunakan matriks karet dengan pola yang dirancang khusus, yaitu untuk memberikan permukaan elemen prefabrikasi tampilan yang unik. Dimungkinkan juga untuk mewarnai campuran beton dengan pewarna yang sesuai.

Gedung kantor perusahaan Betard, cabang Przywory – fasad dengan cetakan logo di beton

Solusi ini memungkinkan untuk mempertahankan warna fasad yang permanen. Keuntungan tambahan adalah pengurangan biaya pemeliharaan fasad saat bangunan sedang digunakan. Contoh yang sangat baik dari elemen beton bertulang berwarna prefabrikasi adalah bangunan perumahan dan layanan Marina III di Wrocław, di mana elemen prefabrikasi memiliki fungsi estetika dan konstruksi.

Bangunan perumahan dan layanan Marina III di Wrocław – elemen prefabrikasi berwarna dibuat oleh perusahaan Betard

Prefabrikasi memungkinkan produksi elemen berbagai bentuk dengan akurasi dimensi yang sangat tinggi dan kualitas permukaan yang sangat baik. Keuntungan lain adalah kemungkinan mengganti satu elemen struktur jika terjadi kerusakan atau kehancuran saat digunakan.

Retro Office House di Wrocław – perakitan elemen fasad prefabrikasi yang diproduksi oleh Betard

Perawatan dan penggunaan elemen fasad

Setiap permukaan beton yang mungkin terkena kotoran harus diresapi untuk memudahkan pembuangan kotoran. Banyak surfaktan, meskipun perlindungan permukaannya sangat baik, tidak mengubah tampilan permukaan beton dan tidak memberikan karakteristik kilap pernis. Melindungi permukaan beton dengan bahan anti air juga mengurangi pembentukan kemekaran karbonat – mekar putih pada permukaan beton. Pada saat yang sama, perlindungan permukaan tidak membatasi difusi uap air melalui partisi.
Cara lain untuk melindungi elemen beton dari kotoran adalah dengan menambahkan bahan anti air yang sesuai ke dalam campuran beton. Salah satu parameter penting beton adalah penyerapan air, yaitu kemampuan untuk mengumpulkan dan mempertahankan air dalam struktur pori. Tugas utama impregnasi tersebut adalah untuk mengurangi kadar air elemen beton. Kelembaban yang berlebihan dapat secara tidak langsung berkontribusi pada pembentukan korosi biologis (jamur, lumut kerak) dan pembungaan karbonat.

Author: Lynn Ryan